Temukan Bisnis Berkarakter Mesin Uang

Ilustrasi mengelola bisnis. FREEPIK

Keterampilan manajemen waktu yang baik memungkinkan Anda untuk meraup keuntungan bisnis yang lebih banyak. Menguasainya, mendorong Anda untuk bekerja lebih cerdas, tidak lebih keras, dan mencapai tujuan Anda dalam waktu yang lebih singkat dan dengan sedikit usaha, sambil menciptakan keseimbangan kehidupan kerja (work life balance).

Meningkatkan keterampilan manajemen waktu Anda dalam bisnis dan kehidupan memungkinkan Anda untuk lebih memfokuskan waktu pada hal-hal yang paling penting bagi Anda.

Anda pasti pernah mendengar kata-kata ini, ‘Siapa saja yang mampu mengelola waktunya dengan baik, pasti mampu mengelola hidupnya dengan baik pula.’ Mengapa demikian? Sebab, kemampuan memanajemen waktu dengan tepat memengaruhi cara kerja dan kualitas hidup seseorang, tidak hanya dalam satu bidang, tetapi bidang-bidang lain yang tengah digelutinya. Salah satunya diterapkan pada bidang usaha atau bisnis.

Tuhan telah menyatakan ‘Demi masa (waktu), sesungguhnya manusia benar-benar dalam kerugian’. Sadarkah kita? Bahwa dari sini, kemudian orang-orang Barat menganalogikan waktu sama dengan uang atau lebih kita kenal dengan istilah time is money.

Berkenaan dengan itu, mari belajar tentang tiga hal penting yang dapat menumbuhkan ataupun meningkatkan performa bisnis Anda, yaitu waktu, biaya, dan profit. Ketiganya merupakan unsur yang saling berhubungan erat, sehingga mempelajari salah satunya saja tidaklah cukup.

Cermati gagasan berikut ini. Waktu terdiri atas detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun. Sementara biaya, perhitungannya sama dengan waktu, yakni detik sampai dengan tahun. Profit pun demikian, dihitung berdasarkan waktu, mulai dari detik sampai dengan tahun.

Dalam pengaplikasiannya, apabila biaya yang dikeluarkan tiap jam, dan profit yang dihasilkan tiap bulan, sudah tentu bisa diperkirakan usaha itu layaknya mesin yang bobrok di mana tiap saat berisi biaya (pengeluaran). Padahal, waktu tak pernah bisa diprediksi atau digunakan untuk memprediksi apa yang akan terjadi di dalamnya.

Pilihan yang tepat seharusnya dapat menunjukkan, apabila biaya dikeluarkan secara bulanan, profit yang diperoleh mengalir tiap jamnya. Dengan demikian, dipastikan bisnis Anda akan menjadi ‘mesin uang’.

Pertanyaan selanjutnya, bisnis apa yang punya karakter biaya bulanan dengan profit minimal harian?

Jika Anda sedikit meluangkan waktu, saya yakin Anda pasti akan menemukan jawabannya. Inilah yang kemudian disebut dengan ‘bisnis yang punya karakter mesin uang’.

Bahan Bacaan

Antonius Atosökhi Gea. 2014. ‘Time Management: Menggunakan Waktu secara Efektif dan Efisien.’ Jurnal Humaniora, Volume 5(2).