Bingo Phone Shop, Raih Prestasi dengan Transaksi BRILink Terbanyak

Bingo Phone Shop. FIORDA PRITA PRASTIWI

Bingo Phone Shop adalah UMKM yang menjual berbagai macam merk handphone (HP) dan aksesorisnya, melayani jasa servis HP, serta menyediakan penjualan pulsa dan voucher untuk semua operator. Konter ini didirikan pertama kali pada tahun 2015 dan beralamat tetap di Mancingan, Parangtritis, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogykarta. Atau lebih tepatnya di depan Alfamart Parangtritis,

Bingo Phone Shop merupakan konter terbesar dan ternama yang ramai didatangi pelanggan tetap maupun pengunjung yang berlibur di wilayah Parangtritis setiap harinya. Letaknya juga strategis karena berada di daerah kawasan wisata pantai, sehingga memiliki banyak pelanggan tetap dan juga pengunjung dari luar daerah, Tidak heran, konter ini dinobatkan sebagai konter yang memiliki prestasi transaksi terbesar yang ada di Kabupaten Bantul.

Setiap harinya, Bingo Phone buka pada pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 00.00 malam. Sistem kerja di konter ini dibagi menjadi tiga shift agar kegiatan jual beli serta pelayanan lebih terorganisasi.

“Setiap shift hanya akan dijaga oleh satu orang karyawan,” ucap Yayan, sang pemilik konter.

“Selama enam tahun ini, banyak pencapaian yang telah kami raih dalam kegiatan usaha di konter ini, salah satunya yaitu meraih prestasi transaksi terbesar ranking satu dari 256 agen BRILink yang aktif di Kabupaten Bantul, dengan total 1230 transaksi dan total nominal transaksi sebesar Rp575.282.546 dalam satu bulan periode September 2021,” lanjutnya.

Dalam perputaran perekonomian di Parangtritis, dari sekian banyak transaksi tersebut, dapat dikatakan bahwa Bingo telah mampu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat setempat. Hal tersebut dibuktikan dengan sejumlah kepedulian Bingo yang telah banyak membantu dan memberikan sponsor untuk pertandingan basket, futsal, dan lain sebagainya. Artinya, Bingo Phone Shop ini termasuk bentuk UMKM yang sebenarnya sudah ‘siap naik kelas’ menuju tingkat yang lebih baik selanjutnya.

“Itu hanya transaksi dalam bentuk transferan, belum termasuk penjualan voucher, pulsa, dan sebagainya. Dan kami juga memiliki Bintang 1 Kategori Pelanggan yang Aktif dari produk robot dan Vivan,” jelas Yayan.

Tahun 2017 silam, Bingo juga telah menambah cabangnya di daerah Grogol VII, yang diberi nama Bingo Phone 2 . Lokasinya tidak jauh dari lokasi Bingo 1, sekitar 2,1 kilometer atau empat menit perjalanan apabila ditempuh dengan sepeda motor. Bingo Phone 2 beroperasi setiap hari muLai pukul 08.00 pagi sampai 22.00 malam. Kini, Yayan, sang pemilik konter, telah memiliki lima karyawan yang aktif bekerja setiap harinya.

Selain prestasi dan jam operasional di atas, ada juga fasilitas memadai yang ada di UMKM ini yaitu tersedianya tempat cuci tangan bagi pelanggan, hand sanitizer, juga masker gratis sebagai tindakan pencegahan Covid-19. Lain dari fasilitas tersebut, di konter ini juga tersedia kipas angin, televisi sebagai hiburan, dan tempat duduk sebagai sarana penunjang kenyamanan pengunjung dan karyawannya.

“Baru-baru ini juga telah dipasang plafon di Bingo 2 agar lebih menarik, nyaman, dan bersih. Juga ada trails di Bingo 1 agar keamanannya lebih terjaga,” terang Yayan.

Pelayanan dari karyawannya juga sangat baik dan ramah, bahkan memuaskan. Mereka membantu menangani setiap permasalahan pelanggan dengan tepat dan benar. Kondisi konter juga sangat bersih dan terang karena pencahayaan lampu yang bagus. Adapun berbagai transaksinya yaitu transfer berbagai macam bank dengan biaya admin yang relatif, tarik atau setor tunai, bayar telepon pascabayar, token listrik, pulsa all operator, top up Dana, OVO, Shopee Pay, Go Pay, aksesoris HP lengkap, jual beli HP, servis HP bergaransi, voucher internet lengkap, agen MandiriLink, BRIlink, BCA, BNI, Indovision, Indihome, BPJS, cetak foto, print berwarna, dan fotokopi. Selain itu, juga tersedia kulkas minuman Coca-cola dan es krim Aice dengan harga yang terjangkau.

Selama pandemi ini, penjualan HP selalu meningkat pesat. Bahkan setiap minggunya pembeli yang berdatangan semakin bertambah. Peningkatan penjualan HP salah satunya dikarenakan sekolah daring, sehingga membuat banyak anak-anak hingga orang tua memerlukan alat komunikasi tersebut.

Selain itu, beberapa orang yang membeli HP didorong oleh kegiatannya dalam berjualan secara online. Selama pandemi, banyak orang yang melakukan apa pun dan transaksinya melalui online. Karena itu, membuat banyak masyarakat survive di tengah pandemi dengan bermodalkan gadget.

Banyak orang saat ini membutuhkan pulsa untuk sarana komunikasi dan terhubung dengan internet. Apalagi hampir setiap orang memiliki smartphone yang membutuhkan pulsa. Inilah yang membuat usaha sebagai agen pulsa sangat menguntungkan.

Kelebihan utama bisnis tersebut yaitu dapat dijalankan di mana pun dan kapan pun. Kemudian, tak ada batasan jumlah pulsa yang bisa distok, berapa pun modal yang dimiliki tentu tetap bisa berjualan pulsa dan paket internet. Selain itu, tak ada masa kedaluwarsa untuk menjual pulsa, sehingga dapat menawarkan tanpa ada batasan hari hingga laku.

Risiko yang mengancam bisnis ini yaitu ketika sistem pengisian pulsa sedang error atau dalam masa maintenance. Situasi tersebut menjadikan pembeli yang membutuhkan asupan pulsa atau paket internet tidak bisa melayani. Pemilik konter dalam menjalani usahanya ini mengaku, meski kondisi tersebut berdampak baik terhadap usahanya, namun dirinya mengharapkan pandemi yang sudah melanda hampir sepanjang tahun ini segera berakhir.