Bimtek Program Desa Anti Korupsi di Kalurahan Panggungharjo

Sesi foto bersama di aula kalurahan Panggungharjo. PANGGUNGHARJO

PANGGUNGHARJO, Sewon | Komisi Pemberantasan Korupsi melaksanakan kegiatan bimbingan teknis program Desa Anti Korupsi di Kalurahan Panggungharjo. Bimtek yang dilaksanakan pada tanggal 8-9 November 2021 bertempat di aula kalurahan Panggungharjo.

Dalam sambutannya Lurah Panggungharjo menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPK RI yang menjadikan Kalurahan Panggungharjo sebagai salah satu percontohan sebagai Desa Anti Korupsi. “Atas nama Pemerintah Kalurahan Panggungharjo kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada KPK RI, semoga akan berdampak semakin kuatnya tata kelola di Pemerintahan Panggungharjo,” demikian diungkapkan Wahyudi Anggoro Hadi.

Kumbul Kusdwijanto Sudjadi menjelaskan tujuan dari bimbingan teknis yaitu memberikan pemahaman yang lebih maksimal agar program pemberantasan korupsi bisa diketahui oleh tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh remaja, tokoh adat dan pemerintahan desa. “Bimtek ini sebagai langkah konkrit KPK RI dalam melakukan upaya sosialisasi kepada masyarakat perihal pemberantasan korupsi. Sehingga dapat mencegah tindakan korupsi,” Jelas Direktur Permas KPK RI tersebut.

Kalurahan Panggungharjo terpilih sebagai percontohan atas beberapa aspek diantaranya penerapan kebijakan anggaran serta reformasi birokrasi terlaksana dengan baik. Sehingga hal ini bisa menjadi contoh untuk desa atau kalurahan lainnya yang ada di Indonesia.

I Ketut Sukadana selaku Analis Kebijakan Ahli Muda pada Direktorat Jendral Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia menjelaskan bahwa sesuai pasal 5 UU Nomor 6 Tahun 2014 kedudukan adalah sebagai lembaga pemerintahan. Oleh karenanya desa atau kalurahan harus didorong untuk memiliki sumber daya yang baik, sehingga pengelolaan layanan dan anggaran bisa dikelola secara akuntabel dan transparan.

Irwansyah sebagai Koordinator Fasilitasi Pelaksanaan Pemanfaatan Dana Ditjen Pembangunan Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Kementerian Desa menyampaikan apresiasi atas serapan dana desa oleh Pemda DIY, hal tersebut di lapangan telah memberikan manfaat bagi pemerintah desa untuk melakukan inovasi dan pemanfaatan yang lebih luas bagi masyarakat desa. Upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kalurahan Panggungharjo salah satunya optimalisasi melalui program BUMDes yang sangat maju.

Pada sesi kelompok pertama Bimtek dihadiri oleh Kurniantara Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Desa Kabupaten Bantul, Hartini Panewu Sewon, Wahyudi Anggoro Hadi Lurah Panggungharjo, Badan Musyawarah Kalurahan Panggungharjo dan Dukuh Se Kalurahan Panggungharjo.

Add Comment