Konferensi IEFA 2021, Ajak Anak Muda Kontribusi Lingkungan Lewat Aksi Sederhana Bersama Pepelingasih

Agenda Konferensi IEFA 2021

Yogyakarta, 24 November 2021 – Aksi lingkungan yang diadakan Yayasan Abhinaya bersama Pepelingasih melalui Program International Environment Forum and Action (IEFA) 2021 mengangkat judul “Small Change to Tackle Climate Change”. Program ini diselenggarakan selama tiga hari pada tanggal 26–28 November 2021.

Acara diadakan secara online pada hari pertama melalui zoom dan offline pada hari kedua di Gardu Action, Pantai Parangtritis dan hari ketiga di Kafe Djamboeri, Banguntapan, Bantul. Total peserta yang hadir perkiraan 500 lebih yang berasal dari berbagai daerah dan komunitas anak muda di Indonesia diantaranya Pepelingasih Aceh, Pepelingasih Sumatra Utara, dan Pepelingasih di daerah Indonesia.

Acara hari pertama dimulai dengan webinar serta diskusi mengenai lingkungan bersama NGO. Dilanjut hari kedua dengan kegiatan berkemah bersama yang diisi beberapa agenda seperti menanam bibit pohon, diskusi buku dan bersih pantai. Ditutup pada hari ketiga dengan kegiatan diskusi interaktif bersama beberapa organisasi di bidang lingkungan seperti Greenpeace, Earth Hour, dan SIAP Darling.

Peserta yang akan hadir dalam IEFA 2021 adalah anak muda dari berbagai komunitas dan daerah di Indonesia. Kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber di bidang lingkungan seperti Muhammad Athalla Fawwaz (Enterprise, Founder dan CEO dari Agraris), Menteri Pemuda dan Olahraga, dan beberapa NGO di bidang lingkungan.

IEFA 2021 bertujuan mengangkat isu lingkungan melalui ruang sinergi penta-helix yang melibatkan 5 elemen, yaitu : Akademisi, Pelaku Usaha, Pemerintah, Komunitas, dan Media. Harapannya perhatian dan aksi nyata yang dilakukan oleh IEFA 2021 ini dapat menjadi program yang berkelanjutan dan efisien yang dapat menjadi inspirasi bagi banyak stakeholder untuk memulai aksi nyata terhadap perubahan iklim.

Project Manager IEFA 2021 Jadid Purwaka Aji mengatakan, “Sebagai anak muda, kita terbiasa merayakan berbagai hal, kini sudah saatnya kita merayakan konservasi lingkungan. Jika perayaan ini tidak segera kita rayakan, bisa jadi kita tidak akan merayakan apapun lagi”

Tentang IEFA 2021

International Environment Forum and Action (IEFA) 2021 merupakan bagian dari rangkaian program Trainer of Trainee Pepelingasih Indonesia 2021 yang berkolaborasi dengan Yayasan Abinaya. Dokumentasi kegiatan hari pertama dapat dilihat di youtube Pepelingasih.id

Informasi selengkapnya :

Muhammad Azam M +62 857 4362 8545 (Project Officer IEFA 2021)

Add Comment