Pasardesa.id Masuk Komunitas Bantul Smart City

Evaluasi Lapangan Smart City Bantul. DISKOMINFO BANTUL

Smart City atau Konsep Kota Pintar adalah sebuah konsep tatanan kota yang mampu memberikan solusi terhadap permasalahan kota. Kota yang memiliki basis pelayanan, bersifat transparan, dan berperan dalam memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat.

Dalam konteks layanan kota diharapkan mampu memberikan pelayanan publik yang mudah diakses tanpa terbatas lokasi dan waktu. Selain itu, konsep ini dihadirkan sebagai jawaban untuk pengelolaan sumber daya secara efisien.

Secara konsep yang telah dibukukan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul dalam Master Plan Bantul, Smart City sudah digagas sejak tanggal 5 November 2018. Hal ini sesuai dengan visi dan misi Bantul Smart City.

Adapun visi Bantul Smart City tahun 2020-2025 adalah terwujudnya masyarakat yang sehat, cerdas, dan sejahtera berdasarkan nilai-nilai keagamaan, kemanusiaan, dan kebangsaan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Misi Bantul Smart City tahun 2020-2025 adalah mewujudkan Bantul yang berdaya saing, informatif, komunikatif, akuntabel, dan transparan. Hal itu didukung kolaborasi pemanfaatan teknologi dalam pelayanan publik.

Strategi pembangunan Smart City sebagaimana disebutkan dalam Master Plan Bantul meliputi enam hal. Pertama, Smart Governance, yakni paradigma, sistem, dan proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang mengindahkan prinsip-prinsip supremasi hukum.

Pemerintah yang pintar merupakan pemerintah yang peduli dan transparan terhadap rakyatnya. Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kepercayaan dan kemauan masyarakat terhadap pemerintahnya.

Kedua, Smart Branding, yaitu pintar dalam memilih dan menanamkan image tentang nama, merek, istilah, tanda, simbol atau rancangan, dan kombinasi dari semuanya. Tujuannya untuk mengidentifikasi dan membedakan antara barang, jasa, dan kelompok penjual dari pesaing sehingga mempunyai ciri khas tertentu yang akan selalu diingat oleh masyarakat atau konsumen dalam jangka waktu yang lama.

Ketiga, Smart Economy, yaitu pintar dalam tata kelola perekonomian. Hal ini dimaksudkan untuk mewujudkan ekosistem perekonomian di daerah yang mampu memenuhi tantangan di era informasi yang disruptif dan menuntut tingkat adaptasi cepat seperti saat ini. Ada tiga elemen dalam Smart Economy, yakni ekosistem industri, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan ekosistem transaksi keuangan.

Keempat, Smart Living, yaitu pintar dalam kelayakan taraf hidup masyarakat. Kelayakan taraf hidup masyarakat dapat dinilai dari kelayakan pola hidup, kelayakan kualitas kesehatan, dan kelayakan modal transportasi untuk mendukung mobilitas orang dan barang di dalam sebuah Smart City.

Kelima, Smart Society, yaitu pintar dalam mengelola SDM. Dimaksudkan untuk mewujudkan ekosistem sosio-teknis masyarakat yang humanis dan dinamis, baik fisik maupun virtual agar tercipta masyarakat yang produktif, komunikatif, dan interaktif dengan digital literasi yang tinggi.

Komunitas warga (community), ekosistem pembelajaran (learning), dan sistem keamanan (security) merupakan tiga elemen pengembangan dalam Smart Society.

Keenam, Smart Environment, ialah pintar dalam pengelolaan lingkungan. Artinya ada perhatian bagi lingkungan hidup dalam pembangunan kota. Sasaran dari Smart Environment adalah mewujudkan tata kelola lingkungan yang baik, bertanggung jawab, dan berkelanjutan.

Pada tahun 2021, melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul telah mengajukan dua platform digital yang akan disupervisi (monitoring dan evaluasi) terkait program Smart City Bantul, yaitu Pasardesa.id dan Jelajah Bantul.

Pasardesa.id adalah platform pasar milik Kalurahan Panggungharjo untuk mengatasi kebutuhan konsumsi warga. Pada awal pembuatannya digunakan sebagai upaya tanggap darurat dampak nonklinis (ekonomi) dari serangan Covid-19.

Pasardesa.id menjadi solusi untuk menghidupkan kembali kearifan lokal (karangkitri) untuk memenuhi kebutuhan pangan (konsumsi) warga di saat pandemi Covid-19.

Sementara itu, Jelajah Bantul adalah aplikasi traveling untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke Kabupaten Bantul atau Kota Jogja. Lebih dari 100 lokasi terbaik dapat dikunjungi. Jelajah Bantul memiliki fitur untuk memudahkan penggunanya untuk menjelajahi Bantul dengan nyaman. Semua terangkum menjadi satu aplikasi di genggaman Anda.