Melihat Pesawat Terbang di Muspusdirla

Murid TK Islam Al Manshuroh Saat pesawat KT-1B Wong Bee Melintas di Atas Muspusdirla. YUTO NUGROHO

Sorak-sorai dan teriakan khas anak-anak terdengar dari halaman Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) saat pesawat KT-1B Wong Bee melintas di atas Muspusdirla, Kamis (24/2). Segerombolan anak-anak dari Taman Kanak-kanak (TK) Islam Al Manshuroh Greges, Tembarak, Temanggung itu pun seketika meloncat-loncat girang. Pesawat KT-1B Woong Bee yang mereka lihat terbang menjauh, menuju area latihan.

KT-1 B Wong Bee merupakan pesawat latih lanjut di Skadron Pendidikan 102 Lanud Adisutjipto Yogyakarta. Setiap digunakan untuk latihan, pesawat KT-1 B Wong Bee selalu melintas di atas Muspusdirla, baik itu ketika akan take off maupun saat akan landing. Saat melintas itulah menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung Muspusdirla.

Kepala Sekolah TK Islam Al Manshuroh, Purwantari, mengatakan bahwa kunjungan ke Museum Pesawat Terbang bukan tanpa alasan. Menurutnya, kunjungan ini bertujuan agar anak-anak dapat melihat dan mengenal alat transportasi udara, yaitu pesawat terbang, dari dekat.

“Dengan mengajak anak-anak melihat dan mengenalkan pesawat, kita berharap anak-anak bermimpi menjadi anggota Angkatan Udara, dan insyaallah mereka dapat mewujudkannya,” imbuh Purwantari yang diamini para wali murid.

Masyarakat kerap menyebut Muspusdirla dengan Museum Pesawat Terbang atau Museum Dirgantara. Museum yang berlokasi di Pangkalan Udara Adisutjipto Yogyakarta ini memamerkan enam puluh satu pesawat terbang. Jenisnya bermacam-macam, baik itu pesawat tempur, pesawat angkut, maupun helikopter. Masing-masing pesawat mempunyai cerita yang menarik untuk diulik. Baik cerita yang memotivasi, maupun yang menginspirasi.

Kunjungan Sekolah TK Islam Al Manshuroh ke Muspusdirla diakhiri dengan teriakan, ‘Museum Dirgantara Mandala, Luar Biasa’. Kemudian, rombongan meninggalkan Muspusdirla, menuju destinasi wisata lainnya di Yogyakarta.

*Kolonel Sus Yuto Nugroho, SS
Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala