Meningkatkan Kemampuan Generasi Muda

Workshop Public Speaking 2021 di Pendopo Kemantren Kotagede. Buletin “Warta Kotagede”

Perkembangan zaman tidak lepas dari peran generasi penerus bangsa dalam ikut serta dalam perwujudan cita-cita dan tujuan nasional. Pemahaman bagaimana pemuda sebagai generasi penerus bangsa seringkali dikaitkan dengan bagaimana pemuda bisa produktif dan berperan aktif demi kemajuan dan eksistensi bangsanya. Untuk mewujudkan hal tersebut, perlunya kemampuan dasar yang harus dimiliki pemuda yaitu public speaking yang harus ditanamkan sejak dini.

Public speaking merupakan kemampuan berbicara satu arah yang dilakukan di hadapan umum atau suatu kelompok masyarakat. Kemampuan public speaking memiliki banyak manfaat bagi setiap orang yang memiliki ilmunya. Terbukti dari para tokoh seperti Mark Zuckerberg, Steve Jobs, dan Oprah Winfrey yang sukses dalam bisnis di bidang masing-masing. Mereka menggunakan kemampuan presentasi ini untuk meningkatkan karir mereka dengan menarik perhatian pendengar.

Hal ini lah yang menjadi perhatian saya bagaimana generasi muda khususnya di wilayah Kotagede agar para generasi memiliki kepercayaan diri lebih baik saat berbicara didepan umum. Oleh karena itu, sebagai bentuk perhatian saya terhadap pentingnya public speaking maka diselenggarakannya Workshop Public Speaking pada hari Kamis, 20 Mei 2021 di Pendopo Kemantren Kotagede yang dihadiri sekitar 30 anggota Karang Taruna se-Kemantren Kotagede.

Kegiatan Workshop Public Speaking di isi oleh Saka Kotamara, seorang profesional MC, trainer public speaking, dan mantan presenter Jogja TV yang telah memiliki pengalaman selama 15 tahun. Dalam kesempatan tersebut, Saka memberikan pelatihan MC secara singkat dan tips-tips untuk menjadi seorang public speaker yang baik, diantaranya :

Pertama, Brief (ringkas) yaitu dimana seorang public speaker diharapkan mampu menyampaikan materi dengan ringkas tanpa bertele-tele. Selain itu, public speaker harus menyiapkan materi sebelum acara agar tidak terjadi kesalahan.

Kedua, Clear (jelas) yaitu public speaker menyampaikan materi secara jelas, tidak membingungkan, dan tidak ambigu. Hal itu dimaksudkan agar tujuan dari materi tersampaikan kepada audience.

Ketiga, Audible (didengar jelas) yaitu dalam public speaking suara adalah hal yang utama. Intonasi dan pengucapan dalam berbicara harus jelas. Hal ini dapat dilatih melalui latihan vokal yang berulang-ulang.

Keempat, Ease (mengalir lancar) yaitu hal lain harus dimiliki seorang public speaker adalah mengusahakan segala hal berjalan dengan baik. Atur pernapasan dan jangan tergesa-gesa dalam penyampaian materi.

Kelima, Kreatif yaitu hal terakhir yang wajib dimiliki adalah daya kreatifitas. Seorang public speaker yang kreatif lebih mampu untuk menarik perhatian audience daripada public speaker yang hanya menggunakan istilah-istilah/bahasa monoton.

Saya berharap dengan adanya workshop ini, para generasi muda khususnya di wilayah Kemantren Kotagede memiliki kepercayaan diri yang lebih baik lagi saat berbicara di depan umum. Dimana sebagaimana diketahui bahwa adanya public speaking ini memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu:

Pertama, meningkatnya rasa percaya diri. Dalam mencapai proses pembelajaran setiap generasi muda akan selalu melakukan komunikasi. Dimana komunikasi itu sangat diperlukan didunia pendidikan maupun dunia kerja. Dalam dunia pendidikan, kemampuan berbicara amat sangat diperlukan dalam pengerjaan setiap tugas dan presentasi dalam mempresentasikan tugas yang telah mereka susun. Tidak jauh berbeda dalam dunia kerja, public speaking juga diperlukan dalam memaparkan ataupun mempresentasikan hasil kinerja yang telah dilakukan. Sehingga dengan public speaking yang baik dan terlatih, akan meningkatkan rasa percaya diri.

Kedua, Menarik Perhatian Audiensi. Dalam melakukan presentasi atau pemaparan bertujuan untuk menyebarluaskan informasi ataupun menjelaskan tugas kepada audience sebagai pendengar. Dimana untuk menarik suatu perhatian pendengar, pemantik atau pemateri haruslah memiliki kemampuan public speaking dengan baik.

Ketiga, Meningkatkan kualitas diri dan mendukung karir. Mempunyai kemampuan berbicara yang baik di depan umum akan membuat orang lain yang mendengarkan memiliki cara pandang yang berbeda terhadap orang yang memiliki kemampuan tersebut. Dengan adanya kemampuan public speaking yang baik juga bisa menaikan nilai materi yang dibawakan, terlihat istimewa dan “terlihat” dibandingkan yang lainnya. Sehingga kualitas diri bagi orang yang memiliki kemampuan tersebut tinggi dan hal inilah yang dapat mendukung karir kedepannya.

Keempat, Memiliki kekuatan untuk memimpin. Kemampuan public speaking yang baik dan tertata membuat segala ucapannya terdengat sangat nyata dan benar bagi para pendengarnya. Hal inilah yang dapat memberikan efek selayaknya orang yang berfikiran kritis. Dalam sebuah kelompok masyarakat juga dibutuhkan seorang pemimpin yang dapat terpercaya dan menjanjikan untuk memimpin, dengan tata bahasa yang rapi dan kepercayaan diri yang tinggi tidak menutup kemungkinan kekuatan untuk memimpin juga tinggi.

Peran Generasi Muda

Dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa, dimana peran generasi muda sebagai subjek yang mengubah kearah yang lebih baik. kualitas dan kemampuan dalam bidang keterampilan harus dikembangkan dan dilatih untuk dapat maju dan berdiri menuju keterlibatan secara bersama dengan kekuatan efektif lainnya. Gerenasi muda berkewajiban untuk mengisi sebagai akumulator penerus yang semakin melemah dan dapat mengambil buah dari pengalaman gerenasi tua. sehingga Perkembangan zaman inilah yang harus dihadapi oleh para generasi muda dalam menjalani kehidupannya. sehingga pelatihan public speaking sangatlah memiliki banyak manfaat sebagai bekal generasi muda mencapai dan mewujudkan perannya.

bahkan, sebagai bentuk tanggungjawab generasi muda mengambil perannya sebagai kewajiban untuk memelihara dan membangun bangsa dan negara. pemuda memiliki tanggungjawab yang lebih berat. pelatihan public speaking inillah yang menjadi dasar, bagaimana pemuda berani menyampaikan aspirasinya di depan banyak orang, bagaimana pemuda dapat berbicara persuasif mengajak sesamanya memperhatikan perkembanan dunia, dan bagaimana para pemuda dapat mengajak untuk peran aktif dalam membangun semangat kerbersamaan.

sehingga, dengan memiliki generasi muda yang berperan aktif nantinya semangat perubahan bangsa juga akan terlaksana. Oleh karena itu, dengan banyaknya manfaat yang diperoleh dalam Workshop Public Speaking ini, saya menjadikan kegiatan ini sebagai suatu inovasi baik dan sangat bermanfaat. Saya sadar bahwa peningkatan kemampuan dasar generasi muda yaitu public speaking semata-mata dilakukan dengan berlandaskan fungsi generasi muda sebagai Agent of Change, moral force, and social control. Pemuda sebagai pera strategis dalam membangun bangsa dan negara, semangat nasionalisme, berjiwa saing, dan mampu memahami pengetahuan dan teknologi. Sehingga dengan adanya kemampuan tersebut harus di imbangi juga dengan kemampuan public speaking yang baik.