UMKM Kuat, Ekonomi Meningkat

Presiden Joko Widodo meresmikan peluncuran Online Single Submission (OSS). OSS

Badai pandemi Covid-19 menghantam perekonomian nasional, termasuk di Kota Yogyakarta yang lebih banyak bertumpu pada sektor pariwisata. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai pilarnya tidak luput dari efek domino Covid-19.

Di tengah riak pagebluk itu saya optimis bahwa kunci kebangkitan ekonomi adalah dari kekuatan UMKM. Pemerintah perlu memberikan dorongan kepada UMKM agar memiliki daya tahan yang mumpuni.

Di Kotagede saya berusaha memberikan upaya konkret sehingga UMKM mampu bertahan menghadapi keterpurukan ekonomi di masa pandemi, salah satunya yakni dengan memberikan kemudahan dalam kepengurusan perizinan mereka.

Perkembangan kehidupan masa kini sangat bergantung bagaimana kita sebagai subjek pelaksana perubahan dunia dapat menyikapi dan selalu memberikan inovasi-inovasi yang berguna bagi keberlangsungan kehidupan.

Dari aktivitas kita sehari-hari tentunya tidak lepas dari berbagai layanan dan barang hasil kreasi para pelaku Usaha Mikro dan Kecil yang selalu memberikan banyak inovasi-inovasi dalam perkembangan kehidupan.

Tak jarang bahkan dalam perkembangan teknologi masa sekarang dimanfaatkan para pelaku UMKM untuk meningkatkan pemasaran produknya secara online. Namun, bagi saya sebenarnya kunci utama memiliki usaha tidak hanya soal bagaimana kita memulai usaha dengan modal sekian atau apa yang hendak dipasarkan, namun sebagai pemilik usaha juga harus memikirkan bagaimana cara mengelolanya dan bagaimana mengurus izin usaha tersebut.

Tidak jarang bahwa UMKM yang sedang berkembang memiliki banyak permasalahan, salah satunya disebabkan karena tidak ada izin usaha sehingga menghambat perkembangan usaha tersebut. Oleh karena itu, saya meyakini dengan mendaftarkan usaha bagi pelaku UMKM akan lebih banyak benefitnya.

Apabila kita menengok pemerintah sudah mempermudah adanya pendaftaran perizinan usaha bagi pelaku UMKM sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Koperasi dan usaha Kecil dan Menengah Nomor 2 Tahun 2019 tentang Perizinan Berusaha Terintegritasi Secara Elektronik bagi UMKM yaitu Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK). Izin Usaha Mikro Kecil adalah izin yang diterbitkan oleh Lembaga Online Single Submission (OSS) yaitu berupa perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik untuk usaha mikro dan usaha kecil.

Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) bertujuan untuk memberikan kepastian hukum, sarana pemberdayaan dan penguatan bagi pelaku usaha mikro dan kecil dalam mengembangkan usahanya. Izin usaha ini dapat digunakan untuk melakukan kegiatan usaha serta pengajuan izin komersial atau izin operasional.

Usaha mikro dan kecil yang dimaksud adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro dan kecil yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Kriteria usaha mikro dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yakni memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 50.000.000,00 (tidak termasuk tanah dan bangunan) atau memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp 300.000.000,00.

Sementara kriteria usaha kecil dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yakni memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp 50.000.000,00 sampai dengan paling banyak Rp 500.000.000, (tidak termasuk tanah dan bangunan) atau memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp 300.000.000,00 sampai dengan paling banyak Rp 2.500.000.000,00.

Sebagai bentuk inisiatif saya, dengan tujuan mempermudah dan mengedukasi para pelaku usaha mikro dan kecil, perlunya panduan tahapan bagaimana penggunakan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (OSS) dalam Pembuatan IUMK.

Pembuatan UIMK dapat diakses secara online melalui website Online Single Submission (OSS), sehingga dapat dilakukan secara mandiri. Berikut tahapan-tahapan dalam pembuatan IUMK melalui Online Single Submission (OSS):

Pertama, bukalah website https://oss.go.id/ kemudian lakukan registrasi untuk membuat akun OSS dengan cara pilih Daftar atau Masuk dan isilah identitas Anda.

Kedua, Periksalah email Anda, karena akan dikirimkan konfirmasi pendaftaran ke email tersebut. Pada email konfirmasi pertama Anda akan diminta klik link tombol untuk memverifikasi bahwa alamat email Anda valid. Setelah Anda klik link yang diberikan pada email konfirmasi pertama, Anda akan segera dikirimkan username dan password. Simpan username dan password yang anda peroleh, karena username dan password tersebut yang akan digunakan untuk masuk ke sistem Online Single Submission (OSS).

Ketiga, setelah Anda menerima username dan password, klik Masuk, dan isi username dan password Anda, serta masukan kode captcha dan klik Login. Setelah berhasil login ke akun Online Single Submission (OSS) Anda, pilihlah menu permohonan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK), selanjutnya klik Nomor Induk Berusaha (NIB).

Keempat, isi Data Pemohon sesuai dengan kartu identitas Anda. Setelah data pemohon terisi, klik Lanjut dan pilih tambah usaha. Isi data usaha Anda.

Kelima, Setelah data usaha terisi, pilih lanjut, dan Anda akan diarahkan pada penerbitan izin dan pencetakan. Anda bisa menyimpan izin tersebut maupun mencetaknya, sebelum dicetak Anda dapat melakukan preview untuk mengecek kebenaran pengisian data, apabila sudah benar maka Anda dapat mencetak tiga surat yaitu Surat Izin Usaha, Surat Nomor Induk Berusaha (NIB) dan lampiran. (Dn)

Saya harap, panduan tahapan pembuatan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) tersebut dapat digunakan sebagai sarana utama untuk mempermudah pendaftaran perizinan. Hal ini bukan tanpa alasan, bahwasannya saya menyadari pentingnya izin usaha bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil bukan tanpa sebab, apabila suatu usaha memiliki izin dapat memberikan banyak keuntungan bagi usaha yang sedang dijalani yaitu:[1]

Mendapatkan jaminan perlindungan hukum

Dengan memiliki izin usaha, pelaku Usaha Mikro dan Kecil dapat menjalankan operasional usahanya secara aman dan nyaman sehingga tidak perlu khawatir terhadap ancaman-ancaman lain yang kerap menimpa usaha yang tidak memiliki perizinan.

Mempermudah dalam mengembangkan Usaha

Tujuan dilakukannya perizinan juga tidak lepas dari adanya keinginan untuk mengembangkan usaha, dengan izin yang sudah di daftarkan akan mempermudah pelaku usaha untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan lain, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk usahanya bisa berkembang dengan pesat.

Memperoleh Pendampingan Usaha dari Pemerintah

Seringkali pemerintah mengadakan beberapa program pendampingan bagi para pelaku usaha mikro dan kecil untuk mengembangkan inovasi produk serta usahanya. Dengan usaha yang terdaftar akan sangat mudah pemerintah mengetahuinya dan pendampingan akan semakin tinggi pula.

[1] Gapura Office. (2020). Pentingnya Memiliki Izin Usaha Bagi Pelaku UMKM – Gapura Office. https://www.virtualofficeku.co.id/blog_posts/pentingnya-izin-usaha-bagi-pelaku-umkm/