JCI Yogyakarta Merayakan Ramadhan Dengan Bakti Sosial dan Kemah di Pantai Parangkusumo

Sesi Foto Bersama Para Pengurus JCI Yogyakarta dan Warga Sekitar Gardu Action

Junior Chamber International (JCI) Yogyakarta mengadakan kegiatan bakti sosial dan kemah di Pantai Parangkusumo tepatnya di Gardu Action, tempat edukasi dan pengolahan sampah, 19 April 2022. Dimulai pukul tiga sore, kegiatan ini diawali dengan acara ramah tamah antara 20 pengurus JCI dan warga sekitar. Dilanjutkan dengan pendirian tenda untuk kegiatan berkemah.

Acara dibuka secara resmi dengan sambutan dari pihak JCI, dilanjutkan dengan qultum, dan ditutup dengan buka bersama serta pembagian paket sembako kepada 50 warga sekitar yang membutuhkan. Berbeda dengan bakti sosial dan buka bersama yang umumnya dilakukan di tempat-tempat konvensional, JCI ingin terlibat dan berinteraksi lebih dalam dengan masyarakat agar bakti sosial yang dilakukan memberikan dampak yang lebih besar.

“Di bulan Ramadhan ini kita diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Bagi kami, salah satu esensi dari berpuasa adalah berempati dengan sesama. Tahun ini kami mengusung konsep yang berbeda, bakti sosial dan berkemah. Konsep ini merupakan inisiatif kami untuk mengajak tidak hanya pengurus JCI tapi masyarakat luas untuk bisa berempati lebih dalam kepada sesama,” ungkap Difa Prasetya, perwakilan JCI dalam sambutannya.

Difa melanjutkan, “Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar Parangkusumo dan menjadi kolaborasi awal antara JCI dan Gardu Action untuk berbagai kebaikan di kemudian hari.”

“Para pekerja profesi berkesempatan merasakan sebuah event buka bersama dengan menu makanan yang lebih lezat secara rasa dan baik secara kebutuhan nutrisinya, dibandingkan makanan keseharian mereka, ibu-ibu juga merasa terbantu dengan adanya donasi sembako,” ucap Ardha Kesuma, pengurus Gardu Action

Setelah pemberian paket sembako, para pengurus JCI melanjutkan kegiatan dengan salat berjamaah dan aktivitas berkemah hingga pagi hari.

“Bakti sosial itu bagaimana kita memberikan manfaat untuk masyarakat yang membutuhkan secara tepat sasaran. Kami melihat Gardu Action ini memiliki potensi yang besar kedepannya tidak hanya sebagai tempat pengolahan sampah tapi juga wisata edukasi berbasis alam,” ucap Ibrahim Hasan, Local President JCI Yogyakarta menutup sesi perkemahan di pagi hari.

“Kami ingin menunjukan bahwa berkemah di sini adalah salah satu alternatif berwisata yang menyenangkan dan semoga kedepannya bisa membantu menginspirasi masyarakat sekitar untuk dikembangkan lebih jauh agar memberi kebermanfaatan yang luas,” lanjut Ibrahim.

*Junior Chamber International adalah organisasi kepemimpinan dan kepemudaan internasional dibawah naungan PBB. JCI Yogyakarta memiliki empat pilar kegiatan diantaranya pengembangan individu, pengembangan komunitas, pengembangan bisnis, dan relasi internasional. Dalam berkegiatan JCI selalu bersinergi dengan stakeholder terkait dan bergerak untuk mewujudkan Sustainable Development Goals.