Kronik Keceriaan Agustusan dalam Kebhinnekaan ala KB Vanda Perta Rini

CINTA TANAH AIR | KB Vanda Perta Rini Kalasan melaksanakan Upacara Bendera pada Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 dengan khidmat. YUNITA SETYANINGSIH

PURWOMARTANI, Kalasan | Apa cerita Anda pada momentum peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77? Pasti seru, bukan? Pun dengan Kelompok Bermain (KB) Vanda Perta Rini, Kalasan, Sleman. Di sana, segenap pendidik dan siswa memeriahkan Agustusan tahun ini dengan menggelar banyak kegiatan seru.

Acara dimulai dengan melaksanakan Upacara Bendera, dilanjutkan jalan sehat di sekitar sekolah. Para siswa sangat bersemangat dan ceria. Anak-anak mengenakan kostum merah putih dan membawa bendera. Lagu-lagu perjuangan dinyanyikan sepanjang perjalanan.

“Rasa nasionalisme mereka sudah terpupuk sejak usia dini. Penanaman cinta Tanah Air sudah terasa saat acara 17-an Agustus ini,” tutur Yunita Setyaningsih, salah satu pendidik Kelompok Bermain yang beralamat di Komperta Blok S-07 Purwomartani tersebut.

Tidak hanya Upacara Bendera, acara menarik selanjutnya yakni saling bertukar kado antar-siswa, untuk menambah keakraban. Kado silang itu berlangsung dengan meriah. Anak-anak sangat berbahagia, saat membuka kado yang didapat dari teman lain. Binar ceria tidak terlepas dari wajah mereka.

Pada hari berikutnya, berbagai permainan seru juga tidak ketinggalan, seperti lomba makan kerupuk, lari kelereng, memasukkan bola ke dalam keranjang, memindahkan karet dengan sedotan, balapan mengipas balon, dan masih banyak lagi.

Tampak jelas bahwa KB Vanda Perta Rini adalah sekolah model kebhinnekaan yang menanamkan rasa nasionalisme dan cinta Tanah Air sejak dini. Rasa saling menghargai dan menghormati perbedaan yang ada sudah mulai dipupuk sejak anak usia dini dalam kebhinnekaan di KB Vanda Perta Rini.

“Keceriaan dan kebahagiaan terlihat jelas di wajah anak-anak. Mereka sangat menikmati berbagai kegiatan yang dilakukan dalam memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ini. Berbagai macam permainan seru tersebut dapat memupuk rasa nasionalisme dan persatuan para siswa di KB Vanda Perta Rini dalam kebhinnekaan. Anak-anak bisa saling bekerja sama, tanpa memandang perbedaan yang ada. Rasa percaya diri, keberanian, dan sportivitas juga sudah mulai terpupuk dalam diri mereka,” ujar Yunita turut sumringah.

Sebagai wujud rasa syukur atas nikmat kemerdekaan maka rangkaian acara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 ditutup dengan acara potong tumpeng oleh pengelola KB Vanda Perta Rini. Setelahnya, segenap pendidik dan siswa di KB Vanda Perta Rini pun makan bersama. Tidak lupa, doa bersama dilakukan untuk keselamatan dan kemakmuran bangsa Indonesia.

“Semoga Indonesia selalu jaya negaranya dan makmur rakyatnya, serta anak-anak Indonesia dapat merdeka belajar di sekolah,” pungkas Yunita bersemangat.