Milad ke-21, Ada Banyak Lomba Seru di ‘Gebyar Ceria 2022’ SD Muhammadiyah Kadisoka

SD UNGGULAN – SD Muhammadiyah Kadisoka, salah satu sekolah unggulan, melahirkan anak-anak yang islami, mandiri, berprestasi. MARLINA

KADISOKA, Purwomartani | Apa agenda anak Anda, pada Ahad (6/11/2022) nanti? Dalam rangka Milad ke-21, SD Muhammadiyah Kadisoka & Bayen menggelar ‘Gebyar Ceria 2022’. Banyak perlombaan seru yang diperuntukkan bagi semua peserta didik Taman Kanak-Kanak Kelompok B se-Kapanewon Sleman, Kabupaten Sleman.

“Bagi para orangtua, silakan mendaftarkan anak-anaknya untuk ikut lomba mewarnai, lomba hapalan surat pendek Al-Quran, serta lomba gerak dan lagu. Untuk lomba hapalan surat pendek, surat wajibnya, Al-Falaq, dilanjutkan dengan surat pilihan. Anak bebas memilih surat-surat pendek Juz 30. Semakin banyak jumlah ayatnya, semakin tinggi skornya,” ujar Ketua Panitia, Fitri Nur Janah, Rabu (19/10/2022), di SD Muhammadiyah Kadisoka.

Acara Gebyar Ceria 2022 dimaksudkan untuk memperkenalkan SD Muhammadiyah kepada masyarakat, serta mempererat tali silaturahmi antar-TK se-Kapanewon Kalasan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat untuk syiar, mempererat tali silaturahmi antar-TK, mempererat silaturahmi antar-TK dengan SD Muhammadiyah Kadisoka dan Bayen, meningkatkan kreativitas dan keberanian, serta melatih anak-anak untuk meraih prestasi dengan sebuah usaha yang mereka lakukan sendiri. Hal ini memberikan kepercayaan akan kemampuan sendiri, serta membentuk anak untuk bergembira menerima dan dapat menerima kekalahan,” terang Fitri.

Selain penanaman lebih dini semangat sportivitas anak, Gebyar Ceria 2022 merupakan wadah penuangan kreativitas anak untuk memupuk rasa percaya diri dan keberanian dalam unjuk kemampuan. Acara tersebut dapat pula menjalin kebersamaan di antara para orang tua, anak didik, Kepala Sekolah dan Guru, serta masyarakat, juga menjalin kerja sama dengan dunia usaha.

Biaya pendaftarannya pun sangat terjangkau. Untuk lomba mewarnai gambar sebesar Rp10 ribu, hapalan surat pendek Rp10 ribu, dan gerak lagu Rp25 ribu per kelompok. Waktu pendaftarannya, sejak 10 Oktober 2022 yang lalu hingga 5 November 2022 nanti.

Islami, Mandiri, Berprestasi

Berusia lebih dari dua dekade mengantarkan SD Muhammadiyah Kadisoka & Bayen pada banyak prestasi, baik akademik maupun non-akademik. Para alumninya diproyeksikan menjadi generasi yang islami, mandiri, dan berprestasi.

“Anak merupakan titipan Allah SWT yang diamanahkan kepada orang tua. Sebagai konsekuensinya, orang tua wajib menjaga agar dan mengasuh dengan sebaik-baiknya. Orang tua juga perlu membantu anak-anak agar tumbuh dan berkembang dengan fisik yang sehat, pikiran yang cerdas, kreatif dan hati yang penuh iman dan kemuliaan,” jelas Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Kadisoka, Sutarlan.

Menurutnya, apabila pendidikan dan pembelajaran ditunaikan sedini mungkin, hasilnya menjadi luar biasa. Ia mengutip sebuah mutiara hikmah, ‘mendidik anak sewaktu kecil bagaikan menulis di atas batu dan mendidik anak ketika sudah besar bagaikan menulis di atas air’. Dibutuhkan kegigihan dan kesabaran yang tinggi untuk menjadikan anak taat pada Allah dan Rasul-Nya.

“SD Muhammadiyah Kadisoka dan Bayen merupakan salah satu wadah untuk mendidik anak menjadi anak dengan akhlak yang mulia dan terpuji, yakni anak yang bertakwa kepada Allah SWT dan mencintai Rasul-Nya, menghormati orang tua dan gurunya, serta menyayangi sesama,” kata Sutarlan.

Berbagai kegiatan dikreasi SD Muhammadiyah Kadisoka & Bayen sebagai wahana bagi kreativitas anak dan guru sekaligus sedini mungkin menumbuhkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, semangat dan kepercayaan diri dalam berkreasi, keberanian, serta penghargaan terhadap hasil karya.

Selamat Milad ke-21 untuk SD Muhammadiyah Kadisoka & Bayen. Semoga terus maju dan bermanfaat bagi semua kalangan.