Semarak Hari Santri Nasional dan Kick Off Seabad NU di Bantul

Upacara Hari Santri Nasional dan Kick Off 1 Abad NU di Bantul, JOGJA DAILY.

Bantul, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bantul menyelenggarakan kegiatan Kick Off 1 Abad NU dan Apel Hari Santri Nasional Tahun 2022 bertempat di Lapangan Kurahan, Paseban, Bantul pada hari Sabtu (22/10). Acara dihadiri oleh H. Abdul Halim Muslih Bupati Bantul, KH. Hilmy Muhammad Anggota DPD RI DIY, AKBP. Ihsan Kapolres Bantul, Dandim Bantul, H. Aidi Johansyah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul, KH. Damanhuri Rois Syuriyah PCNU Bantul, KH. Riyanto Ketua Tanfidziyah PCNU Bantul bersama jajaran PCNU Bantul, Para Kiai, Bu Nyai dan perwakilan MWCNU serta Santri se-Kabupaten Bantul. Acara dihadiri ribuan peserta apel yang hadir sejak pagi.

Kilas balik secara resmi, peringatan Hari Santri Nasional muncul karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri. Keppres tersebut ditetapkan pada tanggal 15 Oktober 2015. Sejak saat itu, setiap tanggal 22 Oktober masyarakat memperingati Hari Santri Nasional. Hal tersebut menjadi momentum santri dan pesantren semakin eksis di Indonesia.

Selanjutnya berdasarkan Keppres tersebut, sejarah Hari Santri didasari oleh pertimbangan presiden bahwa ulama dan santri pondok pesantren memiliki peran besar dalam perjuangan merebut kemerdekaan Republik Indonesia. Jauh sebelum NKRI terbentuk, peran santri yang dididik oleh Kiai di lingkungan pesantren telah memberikan andil bagi kemerdekaan Indonesia.

Para ulama dan santri juga dianggap punya peran dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mengisi kemerdekaan setelah lepas dari tangan penjajah. Selain itu, Hari Santri Nasional juga menjadi momentum untuk mengenang, meneladani, dan melanjutkan peran ulama dan santri dalam membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Banyak tokoh pahlawan yang terlahir di lingkungan pesantren yang sejak dini menjadi seorang santri.

Pemilihan tanggal 22 Oktober merujuk pada seruan Resolusi Jihad yang dicetuskan oleh Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945 atau dua bulan setelah kemerdekaan Republik Indonesia. Resolusi Jihad tersebut telah menggerakkan semangat patriotisme kalangan santri untuk turut serta memerdekakan Indonesia dari penjajah.

Kegiatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Bantul semakin istimewa karena bersamaan Kick Off 1 Abad NU. Jam’iyyah NU Berdasarkan perhitungan kalender Hijriah, NU didirikan pada 16 Rajab 1344 Hijriah, itu berarti NU akan mencapai usianya yang ke satu abad pada 16 Rajab 1444 Hijriah atau bertepatan dengan 7 Februari 2023 mendatang.